homescontents

8 Tips Kesehatan Agar Tubuh Tetap Sehat

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat mahal harganya bagi manusia. Maka dari itu, kita harus menjaga serta merawat kesehatan tersebut. Karena dengan tubuh yang sehat, kita bisa melakukan segala aktivitas sehari-hari dengan maksimal

Selain itu, dengan tubuh yang sehat kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan itu? Maka dari itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan tips hidup sehat yang bisa anda coba sebagai berikut.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali akan coba memberikan 8 tips kesehatan agar tubuh Anda tetap sehat selalu.

1. Cek Kesehatan

Agar tubuh Anda tetap sehat dan sebagai upaya pencegahan, Anda harus melakukan medical check up atau cek kesehatan secara berkala guna mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi suatu penyakit sejak dini. Karena semakin cepat suatu penyakit diketahui, maka akan semakin cepat pula penanganan medis yang diberikan, sehingga peluang untuk sembuh menjadi jauh lebih besar.

Bahkan, dalam beberapa kasus penyakit kronis seperti jantung atau kanker, dengan terdeteksi sejak dini bisa mencegah penyakit yang semakin parah sekaligus mencegah penyakit yang lebih kompleks.

2. Sering Berpuasa

Selain bernilai ibadah, berpuasa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan berpuasa dalam delapan pekan secara bergantian bisa mengurangi kadar kolesterol ‘jahat’ LDL sebesar 25% dan trigliserida sebesar 32%.

Ternyata dengan berpuasa dapat mengontrol gula darah yang sangat berguna bagi anda yang berisiko menderita diabetes. Dimana, berpuasa secara intermiten jangka pendek dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa sebagian sampel berhasil menurunkan kadar gula darah dalam waktu cukup singkat setelah berpuasa. Selain itu, berpuasa juga bisa mengurangi kadar insulin serta sel glukosa dalam darah bergerak secara aktif.

3. Perbanyak Minum Air

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika meminum air putih dalam kadar yang cukup.

Selain membuat anda lebih sehat, dengan meminum banyak air putih pun bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga berat badan yang ideal. Pasalnya, dengan mengkonsmsi banyak air putih akan meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang akan menunjang proses metabolisme tubuh.

Bukan hanya itu, minum air putih sebelum makan akan membantu anda mengurangi porsi makan karena sudah merasa kenyang.

4. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Tips agar tubuh selalu sehat lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Adapun yang dimaksud makanan sehat itu adalah makanan yang mengandung karbohidrat serta tidak mengandung komposisi lemak seperti gandum, roti, sayuran berwarna oranye, dan buah-buahan.

Selain itu, makanan tersebut juga harus mengandung protein yang tidak berlemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, kalkun, dan putih telur. Namun, jika anda ingin mengonsumsi makanan olahan susu seperti yogurt, keju, dan susu. Maka pilihlah produk susu yang kandungan lemaknya rendah atau bahkan tidak ada sama sekali.

5. Banyak Berolahraga

Berolahraga adalah salah satu cara yang efektif agar tubuh tetap sehat. Bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu berolahraga akibat aktivitas rutinitas yang padat, maka Anda bisa melakukan gerakan olahraga sederhana, seperti menggunakan tangga dibandingkan naik lift saat pergi ke lantai tertentu yang ada di tempat kerja Anda. Atau anda juga bisa melakukan olahraga ringan di rumah, seperti sit-up, push up, naik tangga, dan lain sebagainya.